Tarakan – Senin (13/5/24), Kepala Kantor Imigrasi Tarakan, Andi Mario, bersama dengan jajaran stafnya, mengikuti desk evaluasi secara virtual oleh tim penilai internal Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Melalui platform Zoom Meeting, Andi Mario memperlihatkan fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh Kantor Imigrasi Tarakan serta memaparkan progres pembangunan Zona Integritas.
Progres pembangunan Zona Integritas di Kantor Imigrasi Tarakan telah mencakup enam area perubahan kunci, yakni manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
Langkah-langkah ini menandai komitmen Kantor Imigrasi Tarakan untuk memastikan transparansi, akuntabilitas, dan kualitas dalam setiap aspek operasional mereka.
Andi Mario menyampaikan, “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan standar pelayanan kami dan memperkuat integritas institusi kami. Evaluasi ini adalah bagian penting dari upaya kami untuk mencapai tujuan tersebut, dan kami siap untuk menerima umpan balik dan saran yang konstruktif.”
Dalam kegiatan ini pegawai yang telah ditunjukkan juga memaparkan proyek perubahannya, yakni Elektronik Form Pelaporan Orang Asing (EFPORA), Layanan Jemput Bola Ramah HAM (Jempol Ramah), dan Kampanye Anti Gratifikasi untuk mendukung pembangunan Zona Integritas dalam menciptakan pelayanan yang bersih dan berorientasi kepada kepuasan masyarakat.
Tim penilai internal Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM memberikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh Kantor Imigrasi Tarakan dalam memajukan pembangunan Zona Integritas dan menyatakan bahwa evaluasi mereka akan membantu memandu langkah-langkah selanjutnya untuk terus meningkatkan kualitas dan integritas layanan publik di kantor tersebut.