Search
Close this search box.

|

Kanim Tarakan Ikuti Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Kemenkumham Tahun 2024

Mengenang Jasa Pahlawan, Kantor
Imigrasi Tarakan Peringati Hari Bhakti Imigrasi ke-74 dengan Ziarah dan Tabur Bunga
di Makam Pahlawan Dwikora

Kanim Tarakan Ikuti Pemantauan
dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Kemenkumham
Tahun 2024

Tarakan – Kepala Kantor Imigrasi
Kelas II TPI Tarakan, Andi Mario dan jajaran pejabat struktural yang membidangi
pelayanan publik mengikuti secara virtual kegiatan Pemantauan dan Evaluasi
Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) di Lingkungan Kemenkumham
Tahun 2024, Rabu (24/01/2024). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Biro
Perencanaan, Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Acara dibuka oleh Kepala Biro
Perencanaan, Ida Asep Somara yang mengungkapkan bahwa pelayanan publik
merupakan salah satu parameter utama dalam keberhasilan organisasi sektor
publik. Kemenkumham merupakan salah satu kementerian yang sangat signifikan
lingkup pelayanannya, di mana terdapat 484 layanan yang dimiliki oleh 11 unit
eselon 1 beserta 881 satuan kerja di bawahnya.

Ida mengatakan bahwa Indeks
Pelayanan Publik Kemenkumham saat ini meningkat yaitu 4,5 (saat ini 4,2). Namun
demikian, ia juga menyebutkan 5 hal dalam Hasil Evaluasi Mandiri PEKPPP 2023
yaitu monev mandiri terhadap pelayanan publik belum optimal, satker masih
banyak yang belum mempublikasi hasil survey kepuasan masyarakat, perlu
perbaikan pengaturan jadwal petugas pelayanan, perlu menumbuhkan motivasi
pegawai melalui pemberian izin belajar dan diklat, dan mendaftarkan inovasi
pada kompetisi nasional.

Ida menutup arahannya dengan
menyampaikan timeline PEKPPP Kemenkumham Tahun 2024 yaitu Sosialisasi PEKPPP di
bulan Januari, Pendampingan dan Supervisi oleh Biro Perencanaan di bulan
Februari – Juli, dan Validasi Hasil Supervisi Bersama KemenPANRB di bulan
Agustus – Desember.

Usai pembukaan, kegiatan
dilanjutkan dengan penyampaian paparan tentang Pelaksanaan PEKPPP di
Kemenkumham oleh Asisten Deputi Perumusan Sistem dan Strategi Kebijakan
Pelayanan Publik KemenPANRB, Muhammad Yusuf Kurniawan. Paparan tersebut
mencakup Kerangka Berpikir, Tata Kelola Pelayanan Publik Melalui PEKPPP, Hasil
PEKPPP 2023 dan Rencana PEKPPP 2024 Kemenkumham, Identifikasi Core Business
Kemenkumham, Pembagian Peran Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan, dan Tahapan
PEKPPP 2024.

WhatsApp
Facebook
Twitter
Pinterest
Telegram
LinkedIn

Lainnya